Kamis, 15 November 2012

Pengenalan Microsoft Office Power Point 2007

1. Memulai Program PowerPoint 2007
Microsoft Office PowerPoint 2007 memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan PowerPoint pada versi sebelumnya. PowerPoint 2007 memiliki tampilan user interface (UI) baru. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada. Untuk memulai atau membuka program aplikasi PowerPoint 2007, ikuti langkah berikut. Nyalakan komputer Anda, tunggu sampai komputer menampilkan area kerja (desktop) Microsoft Windows XP Service Pack (SP) 2, Microsoft Windows Server 2003, atau Microsoft Windows Vista. Klik tombol yang ada di taskbar. Klik tombol Start pada sudut kiri bawah tampilan desktop, kemudian pilih atau klik menu All Programs > Microsoft Office >Microsoft Office PowerPoint 2007. Pada layar akan muncul tampilan awal
Microsoft Office PowerPoint 2007 seperti berikut.
Tampilan awal PowerPoint 2007
Gambar 4.2 Tampilan awal PowerPoint 2007

2. Mengenal User Interface Baru pada PowerPoint 2007
Seperti telah dijelaskan sebelumnya, PowerPoint 2007 memiliki tampilan user interface (UI) baru yang berbeda dengan PowerPoint versi sebelumnya. Pengganti menu dan toolbar pada PowerPoint 2007 biasa disebut Ribbon. Ribbon dirancang untuk membantu Anda agar dapat bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh PowerPoint 2007. Ribbon ini terdiri atas beberapa tab yang mengorganisasikan berbagai skenario khusus dan objek sesuai dengan jenis aktivitasnya. Setiap tab terdiri atas beberapa Groups. Setiap group terdiri atas beberapa tombol perintah.
Ribbon sebagai User Interface (UI) pada PowerPoint 2007
Gambar 4.4 Salah satu Ribbon sebagai User Interface (UI) pada PowerPoint 2007 Selain Standard Tab yang terdapat pada Ribbon,
PowerPoint 2007 juga menyediakan tab lain yang biasa disebut Contextual Tab yang akan otomatis muncul ketika Anda sedang memilih atau bekerja dengan objek, seperti table, picture, atau drawing. Semua tab dan tombol perintah (Command Buttons) pada Ribbon selain dapat diakses menggunakan mouse, juga dapat diakses dengan tombol keyboard, dengan cara tekan tombol Alt di keyboard. Dengan langkah ini, pada Ribbon akan ditampilkan Key Tips berupa angka atau huruf yang dapat digunakan untuk menjalankan tab atau tombol perintah(command button). Selanjutnya, tekan huruf yang mewakili tab atau tombol perintah. Apabila Anda menekan huruf yang mewakili tabs, maka berikutnya akan menampilkan KeyTips untuk tab yang Anda pilih. Jendela kerja PowerPoint 2007 telah dilengkapi pula dengan Microsoft Office Button, Quick Access Toolbar, dan Dialog Box Launchers. Microsoft Office Button yang berada di pojok kiri atas jendela kerja PowerPoint 2007 berfungsi untuk membuka menu. Quick Access Toolbar ditempatkan di kanan Microsoft Office Button yang berisi kumpulan tombol perintah yang relatif sering digunakan.
Quick Acces Toolbar
Gambar 4.4 Microsoft Office Button dan Quick Acces Toolbar
Dialog Box Launchers berbentuk ikon kecil yang ada di sudut kanan bawah setiap grup pada setiap tab. Dengan mengklik ikon Dialog Box Launcher tersebut, secara otomatis kotak dialog atau task pane yang terkait dengan grup tersebut akan dibuka.
a. Tab Home PowerPoint 2007
Tab Home berfungsi untuk pengoperasian file dan memodifikasi teks, untuk memodifikasi pembuatan presentasi, misalnya penghapusan satu kata atau satu kalimat dan mengganti kata yang salah dalam satu slide, seperti membuat slide baru, membuka file, menentukan ukuran dan jenis teks, dan menentukan paragraf.
Ribbon yang ditampilkan dari tab Home
Gambar 4.5 Ribbon yang ditampilkan dari tab Home
Tabel 4.1 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Home.
office Clipboard Clipboard Terdiri atas Cut, Copy, Paste, Paste Special, Paste as Hyperlink, Duplicate, Clear, dan Clear All.
office Slides Slides Terdiri atas New Slide, Duplicate select Slides, Slides from Outline, Reuse Slides, Layout, Reset, dan Delete.
office Font Font Terdiri atas Font, Font Size, Bold, Italic, Underline, Strikethrough, Subscript, Superscript, Clear Formatting, Text Highlight Color, Font Color, Change Case, Grow Font, dan Shrink Font.
office Paragraph Paragraph Terdiri atas Bullets, Numbering, Multilevels List, Decrease indent, Align Text left, Center, Align Text Right, Justify, Line Spacing, Shading, Bottom Border, Sort dan Increase Indent.
office Drawing Drawing Terdiri atas Shape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, Shape effects, Line Color, Line Style, Shadow, 3D Fomat, 3D rotation, Picture, dan Text Box
office Editing Editing Terdiri atas Find, Replace, dan Select
b. Tab Insert PowerPoint 2007
Tab Insert berfungsi untuk menyisipkan tabel, nomor halaman, catatan kaki, gambar, teks, dan sebagainya.
Ribbon yang ditampilkan dari tab Insert
Gambar 4.6 Ribbon yang ditampilkan dari tab Insert
ribbon Tables Tables Terdiri atas Insert Table, Draw Table, dan Excel Spreadsheet
ribbon Illustrations Illustrations Terdiri atas Picture, Clip Art, Photo Album, Shapes, SmartArt, dan Chart
ribbon Links Links Terdiri atas Hyperlink dan Action
ribbon Text Text Terdiri atas Text Box, Header & Footer, WordArt, Date & Time, SlideNumber, Symbol, dan Object
ribbon Media Clips Media Clips Terdiri atas Movie dan Sound
c. Tab Design PowerPoint 2007
Tab Design berfungsi untuk menyisipkan berbagai efek pada slide.
Gambar 4.7 Ribbon yang ditampilkan dari tab Design
Tabel 4.3 Group dan Tombol Perintah yang Terdapat dalam Tab Design.
Untuk selengkapnya Download di SINI
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar